Jenis Bisnis Internet

Jenis Bisnis Internet

Jenis usaha yang dapat ditemukan di internet banyak macamnya. Pilihlah jenis bisnis yang cocok dengan Anda.

  1.  Bisnis menjual produk
      Bisnis menjual produk adalah salah satu bisnis yang paling banyak disukai olh para netter. Contoh dari bisnis yang menjual produk diantaranya sebagai berikut.

     a. Membuat toko online
         Toko online adalah toko yang bertansaksi jual belinya dilakukan secara online. Toko online terbesar saat ini adalah Amazon.com. Di Indonesia, meskipun belum terlalu banyak toko online, perkembangan bisnis ini semakin marak saja dari tahun ke tahun.

         Saat ini banyak perusahaan dagang yang bermigrasi ke dunia maya. Tidak hanya perusahaan mancanegara, pebisnis lokal pun banyak muncul di internet. Mengenai toko online ini akan di bahas pada bagian selanjutnya

     b. Menjual e-book
          e-book adalah buku elektronik. Bisnis e-book adalah berjualan buku elektronik melalui internet. Bila Anda penulis, peluang bisnis ini bisa dilirik. Caranya sangatlah mudah.
    Pertama, Anda mengetik naskah di MS.Word. Langkah selanjutnya naskah Anda convert menjadi format PDF. Langkah kedua, Anda membuat situs web dengan domain.com dan hosting seperlunya seharga kurang lebih Rp.200.000.

         Langkah ketiga adalah promosi. Anda bisa promosi melalui iklan baris gratis, search engine milis, blog, direct mail, chatting, aktif di forum-forum, komunitas, dan lain-lain yang ada di internet. Menurut survey, iklan baris adalah media yang paling efektif untuk berpromosi via internet di Indonesia. Lalu, bagaimana jika Anda yang bukan penulis? Tenang, Anda punya kesempatan menjadi reseller yang mempunyai fee berupa komisi dari e-book yang berhasil Anda jual. Biasanya, sebelum menjadi reseller kita harus membeli produk terlebih dahulu. Anda akan mendapat komisi jika merekomendasikan produk e-book ke konsumen lain.

         Hal yang susah dalam bisnis ini adalah menentukan jenis e-book yang akan diminati pasar (calon konsumen). Untuk itu, tentukan sasaran pasarnya secara spesifik, misalnya anak-anak, remaja, orang tua dan lain sebagainya. Selanjutnya, cari tahu tentang topik e-book yang mungkin diminati oleh pembaca.

    c. MLM online
         MLM kepanjangan dari Multi Level Marketing.Disini, Anda menjual barang milik perusahaan MLM. Dari setiap penjualan, Anda menerima komisi. Dulu MLM merupakan bisnis marketing offline yang dilakukan dari mulut ke mulut dari teman hingga saudara. Akan tetapi sekarang dengan adanya internet prinsip MLM juga diterapkan secara online.

        Potensi pasar yang luas dan daya beli masyarakat yang stabil, menjadikan negara kita lahan empuk para perusahaan MLM dalam mengembangkan pasar. Banyak orang sukses di MLM namun banyak pula yang gagal. Butuh mental yang kuat dan kesabaran yang tinggi untuk bisa sukses di bisnis MLM. Perusahaan MLM ada yang SCAM tetapi ada juga yang jujur. Untungnya, internet telah membuat bisnis MLM menjadi jauh lebih mudah terutama bagian promosi yang tidak lagi terbatas dari mulut ke mulut tetapi juga melalui iklan di internet.

        Untuk bergabung di bisnis MLM, pilih perusahaan MLM yang memiliki produk fungsional (kita butuhkan sehari-hari) sehingga kita tidak dikejar target tutup point, misalnya Befin Network yang menjual aneka produk kesehatan, sabun cuci, sabun pel, pencuci piring dan lain sebagainya. Di Befin Network, konon sudah banyak orang yang menghasilkan puluhan juta rupiah.

    d. Menjual game
         Ada banyak sekali peluang bisnis yang dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok dalam industri game. Kita dapat menjadi reseller game, artinya menjual game dari produsennya. Atau kita pun bisa menjadi programmer game, menjual cheat (kode-kode rahasia) dalam sebuah game, maupun membuat situs yang mengulas seputar game terbaru.

    e. Menjual Jasa
         Jika Anda adalah seseorang yang mempunyai keahlian tertentu, seperti design grafis, web design, design interior. programmer, penulis, dan lain-lain. Anda dapat menjual keahlian yang Anda miliki kepada konsumen yang membutuhkan. Adapun caranya yaitu dengan membuat iklan atau situs yang berisikan portofolio Anda. Banyak orang yang sudah membuktikan kesuksesan cara ini.

    f. Menjual iklan
         Inti dari bisnis ini adalah membuat situs yang menarik banyak pengunjung baru dan mempertahankan tingkat return pengunjung yang tinggi. Situs web pun harus memberikan isi (biasanya gratis) dan pelayanan (seperti e-mail, chat, forum). Isi situsnya pun beragam, bisa gosip selebritis, olahraga, otomotif, tergantung tema yang dipilih. Para pemasang iklan akan membayar lokasi banner yang kita tawarkan dengan ukuran dan harga bervariasi. Bila anda malas mencari pemasang iklan situs, masih ada cara lain yang masih bisa ditawarkan, yaitu menjadi banner iklan online. Dimana kita harus menyediakan situs yang banyak dikunjungi, dan menyediakan tempat untuk iklan online milik perusahaan terkenal, seperti google maupun yahoo. Untuk setiap iklan yang muncul di situs kita dan diklik, maka kita akan mendapatkan uang. Sekali lagi, jika Anda tertarik dengan model bisnis ini, maka pastikan bahwa kita mampu menjaring pemasang iklan potensial, sehingga bisa menjangkau pasar dengan tepat.

    g. Menjual jasa konsultasi
         Model bisnis yang bisa digunakan di sini adalah dengan sistem membership (bebas bertanya) atau membayar per pertanyaan. Hal pertama yang harus diperhatikan bila tertarik model bisnis ini adalah mengetahui apa yang menjadi keahlian kita. Selanjutnya, dapatkan kepercayaan dan nama baik. Atas dasar kepercayaan dari pelanggan dan nama baik kita sebagai si penjual jasalah bisnis ini dapat berjalan. Kita bisa menawarkan jasa konsultasi, seperti kesehatan, desain rumah, hukum, rumah tangga dan sebagainya, tentu saja yang sesuai dengan keahlian tersebut, terlebih dulu buatlah artikel-artikel tentang bidang yang kita tawarkan. Alangkah baiknya jika penghargaan yang pernah kita dapatkan atas keahlian tersebut, ikut pula dicantumkan ke dalam situs. Sehingga akan semakin menambah nilai jual situs yang kita kelola tersebut.

  2.  Menyediakan jasa pelelangan
      Bisnis internet tidak hanya menjual produk atau jasa, tapi kita juga bisa menyediakan jasa pelelangan, contohnya adalah eBay.com. Kita menyediakan wadah pelelangan bagi siapa saja yang tertarik untuk menjual dan membeli barang bekas, baru ataupun langka.

  3.  Membangun situs forum
      Tahukah Anda bahwa forum bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan? Untuk model bisnis ini kita harus memiliki member. Dimana member tersebut harus membayar sejumlah uang. Setelah mereka membayar barulah diizinkan untuk memposting atau terlibat dalam pembicaraan. Sebelum terjun ke dalam model bisnis ini, kita harus memperhatikan masalah biaya keanggotaan, sehingga tidak membuat orang berpikir dua kali untuk mendaftar sebagai member.
     Selain itu pertimbangkan pula kira-kira informasi apa saja yang akan diberikan kepada calon member yang potensial. Setelah itu barulah kita bangun situs forum tersebut. Jika member yang mendaftar cukup banyak, melalui forum yang kita bangun ini, kita akan memperoleh penghasilan yang lumayan. Sekarang ini sudah banyak situs penyedia aplikasi forum, salah satunya vBulletin.

  4.  Menjadi jutawan dari mailing list
      Hampir semua layanan yang berjalan di internet bertujuan untuk membentuk komunitas, seperti e-mail gratis, layanan chatting forum diskusi, dan mailing list. Inilah peluang bisnis yang patut diperhitungkan. Apalagi belakangan ini banyak layanan hosting yang menyediakan layanan mailing list secara komersial (penawaran barang dan jasa). Sebelum membangun model bisnis ini, tentukan terlebih dulu apakah mailing list akan kita gunakan sebagai alat bantu untuk membuat member berkunjung ke situs? Atau membuat mailing list tanpa terkait sebuah situs? Lalu apakah akan menggunakan layanan mailing list yang membayar atau gratis? Setelah mailing list terbentuk,barulah mempromosikannya dan mengajak pengunjung untuk bergabung menjadi member mailing list kita tadi. Alangkah baiknya mengangkat topik yang diminati banyak orang. Dengan begitu mailing list akan terus berjalan dengan traffic message yang cukup banyak per harinya. Kalau sudah begini tentu saja akan memudahkan kita mendapatkan pengiklan, bukan?

  5.  HYIP
      HYIP singkatan dari High Yield Investment Programme yaitu program investasi berisiko tinggi. Bagaimana bisnis ini bisa ada dan ramai di internet? Siapa yang membuatnya? Bagaimana teknis invenstasinya? Apakah program seperti ini benar adanya?

     Bisnis ini mengandung resiki (bisa rugi) dan butuh modal awal untuk bisa mendapatkan profit. Untuk berinvestasi online sendiri juga butuh waktu belajar, pengalaman dan mengikuti ketentuan-ketentuannya sebelum bisa menikmati profit. Banyak netter diluar negeri yang hidup dari investasi jenis ini. Kelebihan bisnis ini adalah cara yang relatif mudah untuk mendapatkan keuntungan asal mempunyai modal dan keberanian. Adapun kekurangannya adalah potensi rugi (kehilangan modal) yang sangat besar jika tidak berhati-hati dalam berinvestasi karena banyaknya investasi yang menipu atau gagal bayar bahkan bangkrut karena salah pengelolaan atau salah manajemen. Penghasilan yang bisa didapat dari bisnis ini bervariatif tergantung dari nilai modal investasi dan profit yang dijanjikan. Contoh situs yang menyediakan investasi ini adalah hyipxfile.com

  6.  AutoSurf
      AutoSurf adalah program seperti HYIP, yaitu program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan. Namun Anda diwajibkan untuk surfing ke website klien mereka setiap hari. Umumnya mereka membayar Anda melalui uang dari member yang baru bergabung. Seperti halnya HYIP, 99% AutoSurf kebanyakan merupakan jenis bisnis SCAM (penipuan).

     Dari banyak jenis bisnis yang menipu ini ada satu program autosurf yang cukup fenomenal. Banyak orang telah menuai jutaan rupiah program ini, yakni melalui situs 12dailypro.com. Karena payment procesor mereka berbuat ulah dengan menahan uang member, pada akhirnya 12dailypro.com ditutup. Payment procesor adalah pihak ketiga yang menagani jual beli dengan menggunakan mata uang internet.

     Kesimpulannya, jangan pernah mengikuti bisnis AutoSurf apapun juga! 99% semua autosurf adalah SCAM. Sebagus apapun websitenya, sebesar apapun keuntungan yang mereka berikan, dan semenarik apapun janji mereka, jangan terperdaya karena semua itu tidak benar.

  7.  Membership bussines
      Adalah jenis bisnis yang menjual keanggotaan. Biasanya anggota atau member dikenai biaya/bulan untuk bisa tetap menjadi anggota. Umumnya sebagai anggota Anda akan mendapatkan fasilitas lebih ketimbang bukan anggota. Contohnya adalah Wealthyaffiliate yang mematok harga $30/bulan. Di Indonesia sendiri ada AsiaBrain dan CosaAranda. Jika Anda menjadi member, Anda akan memperoleh fasilitas forum, marketing course, update news, keyword list, video, dan lain-lain.

     Bisnis ini juga cukup menjanjikan dan bukan SCAM karena Anda akan mendapat uang tiap bulan dari member. Kelemahannya bisnis ini adalah sifatnya yang mengikat. Disini Anda harus terus memanjakan member Anda supaya mereka betah dan tetap menjadi member dari website Anda. Selain itu Anda juga harus memberikan fasilitas yang menarik dan up to date setiap bulan. Bisnis ini cukup melelahkan dan merepotkan untuk sebuah bisnis internet.

  8.  Forex trading
      Forex Trading (Valas Trading) merupakan pasar terbesar di dunia yang diukur berdasarkan nilai total transaksi. Menurut survei BIS (Bank International for Settlement, bank sentral seluruh bank-bank sentral di seluruh dunia), yang dilakukan pada akhir tahun 2004, nilai transaksi forex mencapai USD 1,900 miliar per hari. Dengan demikian, prospek investasi di perdagangan forex adalah sangat bagus.

  9.  Media iklan
      Media iklan baris adalah salah satu cara promosi barang dan jasa. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan rinci. Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya tariknya, iklan baris dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya, seperti tanah, rumah, mobil, motor, dan lain-lain. Penjual atau pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau alamat rumah dimana barang itu dapat dilihat, dibeli, dan diambil. Website tersebut hanya sebagai perantara saja, sedangkan untuk tiap transaksi dilakukan oleh si pemasang iklan dan pembeli yang tertarik.

     Layanan ini selain gratis juga ada yang membayar. Layanan iklan yang membayar bisa merupakan layanan perbulan dengan memasang banner di iklan baris tersebut, atau iklan teks. Contohnya adalah Larisan, Iklanbaris dan lain sebagainya. Berbisnis di media iklan tidaklah mudah. Anda harus sering-sering promosi agar website Anda ramai pengunjung dan ramai dipasangi iklan. Jika sudah ramai, maka pemasang iklan akan tertarik dan menghubungi Anda.

  10.  Media berita
      Media berita online adalah website yang memberikan berita up to date setiap hari, sama seperti koran yang memberi berta kepada Anda setiap hari. Contohnya adalah Detik, Kompas, Republika, Bisnis, dan lain sebagainya. Mereka memperoleh pendapatan dari iklan. Pendapatan dari website berita bisa sangat besar, Detik memasang harga hingga Rp. 100.000.000,- hanya untuk pasang iklan banner di website mereka. Untuk bisa sukses di bisnis ini tidak mudah, karena isi website harus di update setiap hari dan isinya pun harus menarik.

  11.  Komunitas online
      Komunitas online adalah website berisi kumpulan orang-orang yang bergabung untuk sekedar berkenalan membahas topik tertentu bahkan untuk mencari jodoh. Jenisnya dapat berupa forum online, dating online (kontak jodoh), mailing list, dan sebagainya. Pendapatan dari web tersebut didapat dari biaya membership dan pemasangan iklan pada web tersebut. Contohnya Friendster, MyLot, Kaskus, dan lain sebagainya.

  12.  Domain parking
      Domain parking adalah salah satu peluang untuk menimba pendapatan di dunia internet. Domain parking sebenarnya diperuntukkan untuk domain lama yang sudah tidak terpakai lagi. Akan rugi jika trafik yang sudah terbentuk dibuang begitu saja.

     Bagaimana sebenarnya cara kerja domain parking? Sebagai contoh kita punya domain domainku.com yang mempunyai ribuan pengunjung seharinya. Sekali waktu kita tak ingin lagi mengelola web di domain tersebut. Jika domain itu kita daftarkan parking, semua trafik yang masuk ke domainku.com akan dialihkan ke suatu web yang memuat banyak iklan membayar. Setiap ada klik dari iklan tersebut kita akan mendapatkan sharing revenue (bagi hasil) dari penyedia domain parking tersebut.

     Jika Anda mengikuti domain parking, sebaiknya Anda memiliki modal untuk membeli domain (.com / .net / .org). Jangan pernah mencari domain yang gratisan karena hanya akan membuang waktu percuma. Untuk membeli domain, salah satunya bisa di RumahWeb. Anda cukup hosting dengan space minimal saja (1MB hingga 10MB). Setelah domain didaftarkan, sebaiknya situs di update terlebih dahulu, isikan dengan konten yang menarik dan sesuaikan dengan topik dari situs, supaya masuk dalam kategori pencarian Google & Yahoo.

     Setelah kira-kira 1 - 2 bulan atau lebih, baru domain bisa di parking di salah satu situs parkir seperti Sedo atau NameDrive. Situs inilah yang akan membayar kita dengan dollar, karena domain yang kita parkir akan dijadikan promosi iklan oleh mereka. Selain itu, kita bisa menjual situs yang kita parkir tersebut kepada penawar (bidder) terbesar. Kelebihan bisnis ini adalah bisa menghasilkan uang yang tidak terbatas atau dalam jumlah yang besar. Adapun kekurangannya yaitu membutuh waktu untuk promosi situs dan butuh biaya yang lumayan besar di awal berbisnis.

  13.  Arisan online dan investasi bisnis
      Arisan ini dilakukan seperti arisan biasa. Yang berbeda hanya tempat berkumpul secara online melalui website. Uang ditransfer ke salah satu rekening bank, kemudian Anda disuruh merekrut/mencari member baru.

     Investasi bisnis yang ditawarkan sebuah CV untuk program usaha nyata, biasanya seperti bisnis makanan, keuangan, dan lain-lain. Dalam bisnis ini, Anda join dengan modal tertentu untuk bisa memasang iklan. Hal ini terus dilakukan sambil merekrut client baru. Dari anggota baru dan iklanlah Anda dibayar.

  14.  Bisnis survey
      Bisnis ini berkegiatan mengisi sebuah polling/survey dari perusahaan, kemudian Anda dibayar. Setiap survey mempunyai poin yang bisa Anda kumpulkan sampai banyak, lalu ditukar dengan uang atau marchandise lain. Biasanya survey yang membayar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Amerika Serikat.

  15.  Typing job
      Bisnis ini melakukan pekerjaan mengetik sebuah iklan/order dari pihak lain. Bisnis ini belum diketahui kebenarannya, yang pasti bisnis semacam ini banyak beredar di internet. Coba cek di IndonesiaTypist.com

  16.  Pay to read (PTR) dan pay to click (PTC)
      Program ini tergolong mudah. Anda hanya mempersiapkan alamat email, lalu Anda daftar, dan Anda sudah bisa mengumpulkan recehan dollar. Program ini gratis. Tugas Anda hanyalah mengklik iklan-iklan yang dikirim ke email Anda, atau di Member Area situs penyedia web PTC. Setiap klik nilainya bervariasi, ada yang $0,01 per klik, 0,05 per klik dan lain sebagainya. Untuk Free Member, iklan yang tampil cenderung sedikit, sekitar 10-20 iklan saja per harinya. Artinya, Anda akan mendapat $0,01x20 klik = $0,20 saja. Namun jika Anda upgrade membership seperti Bronze Member atau Gold Member dengan membayar $10-$50, iklan yang muncul bisa ratusan per hari. Artinya, pendapatan Anda: 100 klik x $0,01 = $1 saja. Ya, program ini boleh dibilang program recehan. Contoh yang kini marak adalah ClickSense.

     Sayangnya, program PTC dan PTR ini banyak yang scam (menipu). Hati-hati dengan bisnis ini, jangan sampai Anda hanya membuang-buang waktu untuk mengikuti program semacam ini.

  17.  Menjadi freelancer
      Menjadi freelancer bukan sebuah bisnis. Tetapi disini Anda akan di bayar tiap jam dengan dollar. Menjadi freelancer di internet bukan merupakan hal yang mudah. Selain keahlian profesi. Anda juga di tuntut mahir bahasa inggris. Karena disini Anda akan chat langsung dengan si pemberi kerja.

     Contoh situs freelance adalah odesk.com, getfreelancer, dan lain-lain.


Sekian informasi mengenai Jenis Bisnis Internet. Semoga bermanfaat dengan informasi yang saya tulis ini :).

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Jenis Bisnis Internet"

    Post a Comment

    Silahkan berikan komentar Anda mengenai artikel diatas.

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *