Memulai Bisnis di Internet

Memulai bisnis di internet

Pada saat memulai bisnis baru ada langkah-langkah yang harus diperhatikan agar bisnis kita lebih terarah.

  1. Menentukan ide atau tema bisnis
    Ide atau tema bisnis adalah hal pertama kali yang kita pikirkan saat memulai bisnis. Meskipun, pada dasarnya di dunia maya bisnis yang ada terbagi menjadi 2 macam yaitu menjual barang atau jasa. Carilah ide segar dan kreatif yang sesuai dengan minat atau keahlian agar Anda tidak terlalu kesusahan nantinya.
  2.  Menganalisa ide atau tema bisnis
    Sebelum melaksanakan tema bisnis yang telah ditentukan akan lebih baik jika terlebih dahulu di analisa. Apa tema tersebut dapat di terima di pasar dan tentukan juga target konsumen dari barang/jasa yang Anda jual itu.
  3.  Membangun sarana bisnis
    Sarana bisnis tersebut adalah sebuah situs atau blog. Dalam membangun sebuah situs, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus menjadi web master terlebih dahulu. Anda tinggal mendownload secara gratis program cms seperti Joomla dan os commerce yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Setelah membangun sebuah situs, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut.

        a. Isi situs
            Yang termasuk isi dalam sebuah situs adalah tampilan situs, artikel, gambar, dan lain sebagainya. Isi situs harus dibuat semenarik mungkin sehingga pengunjung tertarik untuk mengunjungi situs Anda.
         b. Melakukan promosi
              Promosikanlah situs yang telah Anda buat karena para pengunjung situs pada awalnya tidak akan mengenali situs Anda. Promosi dapat dilakukan dengan memasang iklan pada situs penyedia iklan, melakukan program afiliansi, serta mendaftarkan url Anda ke situs search engine (mesin pencari) terkenal seperti google, yahoo, dan lain-lain.
  4.  Bersikap fleksibel
    Sebagai pemilik situs web atau blog sebaiknya Anda menerima masukan dan kritikan dari semua pihak baik dari relasi atau pun dari konsumen Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda mengetahui dan memperbaiki berbagai kekurangan pada bisnis Anda yang berujung pada perbaikan pelayanan selanjutnya. Berikan juga reward kepada konsumen tetap Anda sehingga mereka tetap terjaga sebagai konsumen dan tidak berpaling ke kompetitor Anda.

Sekian informasi mengenai Memulai Bisnis di Internet. Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memulai Bisnis di Internet"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar Anda mengenai artikel diatas.

Contact Form

Name

Email *

Message *